Yeremia 13:13-14
Konteks13:13 maka katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, seluruh penduduk negeri ini akan Kupenuhi dengan kemabukan: l para raja yang duduk di atas takhta Daud, para imam, para nabi dan seluruh penduduk Yerusalem. 13:14 Aku akan membantingkan seorang kepada yang lain sampai mereka hancur, bapa-bapa dengan anak-anaknya, demikianlah firman TUHAN. Aku akan membinasakan m mereka tanpa belas kasihan, n tanpa merasa sayang o dan tanpa ampun."
Yeremia 14:14-16
Konteks14:14 Jawab TUHAN kepadaku: "Para nabi itu bernubuat palsu 1 b demi nama-Ku! Aku tidak mengutus c mereka, tidak memerintahkan mereka dan tidak berfirman kepada mereka. Mereka menubuatkan kepadamu penglihatan bohong, d ramalan kosong e dan tipu rekaan hatinya sendiri. 14:15 Sebab itu beginilah firman TUHAN mengenai para nabi yang bernubuat demi nama-Ku, padahal Aku tidak mengutus mereka, dan yang berkata: Perang dan kelaparan tidak akan menimpa negeri ini--:Para nabi itu sendiri akan habis mati f oleh perang dan kelaparan! g 14:16 Dan bangsa yang kepadanya mereka bernubuat akan tercampak mati di jalan-jalan Yerusalem, disebabkan oleh kelaparan dan perang, dan tidak ada orang yang akan menguburkan h mereka: mereka sendiri, isteri-isteri mereka, anak-anak mereka yang laki-laki dan yang perempuan. i Demikianlah akan Kutumpahkan kejahatan j mereka ke atas mereka."
Yeremia 29:25-29
Konteks29:25 "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Oleh sebab engkau telah mengirim surat atas namamu sendiri kepada seluruh rakyat yang ada di Yerusalem, yaitu kepada imam Zefanya v bin Maaseya dan kepada segala imam, bunyinya: 29:26 TUHAN telah mengangkat engkau, Zefanya, menjadi imam menggantikan imam Yoyada, supaya engkau menjadi pengawas di rumah TUHAN untuk memasungkan w setiap orang gila x yang menganggap dirinya nabi dan untuk merantai lehernya dengan besi. 29:27 Tetapi sekarang, mengapakah engkau tidak menegor Yeremia, orang Anatot itu, yang menganggap dirinya nabi di antaramu? 29:28 Bukankah ia telah mengirim pesan y kepada kami di Babel, katanya: Pembuanganmu masih lama. z Dirikanlah a rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya!" 29:29 Surat ini dibacakan oleh imam Zefanya b ke telinga nabi Yeremia.
Imamat 10:11
Konteks10:11 dan haruslah kamu dapat mengajarkan d kepada orang Israel segala ketetapan yang telah difirmankan TUHAN kepada mereka dengan perantaraan Musa. e "
Imamat 10:1
KonteksKisah Para Rasul 22:24
Konteks22:24 Karena itu kepala pasukan memberi perintah untuk membawa Paulus ke markas n dan menyuruh o memeriksa dan menyesah dia, supaya dapat diketahui apa sebabnya orang banyak itu berteriak-teriak sedemikian terhadap dia.
Maleakhi 2:7
Konteks2:7 Sebab bibir seorang imam l memelihara pengetahuan dan orang mencari pengajaran m dari mulutnya, sebab dialah utusan n TUHAN semesta alam.
Lukas 11:45
Konteks11:45 Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu o menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga."
Yohanes 7:47-49
Konteks7:47 Jawab orang-orang Farisi itu kepada mereka: "Adakah kamu juga disesatkan? q 7:48 Adakah seorang di antara pemimpin-pemimpin yang percaya kepada-Nya, r atau seorang di antara orang-orang Farisi? 7:49 Tetapi orang banyak ini yang tidak mengenal hukum Taurat, terkutuklah mereka!"
Yohanes 9:40
Konteks9:40 Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang Farisi yang berada di situ dan mereka berkata kepada-Nya: "Apakah itu berarti bahwa kami juga buta? h "
[14:14] 1 Full Life : PARA NABI ITU BERNUBUAT PALSU.
Nas : Yer 14:14
Umat Allah harus menyadari bahwa ada nabi yang mungkin bernubuat palsu dan secara tidak benar mengatakan telah menerima penglihatan dari Tuhan; karena itu semua nabi harus diuji sesuai dengan standar-standar Alkitab
(lihat cat. --> 1Kor 14:29;
[atau ref. 1Kor 14:29]
lihat art. GURU-GURU PALSU).
[10:1] 2 Full Life : API YANG ASING.
Nas : Im 10:1
Nadab dan Abihu memasukkan ke dalam perbaraan mereka api dari sumber yang tidak diperkenankan Allah (bd. Kel 30:7-9); perhatikan pula bahwa persembahan kemenyan di atas mezbah hanya boleh dilakukan oleh imam besar saja (Kel 30:7-9). Beberapa penafsir telah mengemukakan bahwa Nadab dan Abihu berdosa ketika mereka di bawah pengaruh alkohol (lih. ayat Im 10:9-10).